Ini Aku, Orang Indonesia


Ketika aku merenungkan dan melihat perjalanan hidupku selama ini, seringkali aku “mesem-mesem” sendiri. Sebagai manusia tentunya kita tak bisa menentukan dimana kita lahir dan bagaimana keadaan kita ketika lahir ke dunia. Demikian juga apa yang kualami, hanya bisa menerima anugrah-Nya. Aku terlahir “murni” sebagai orang Indonesia, tanah air amat indah. Ayah ibuku berasal dari Flores Timur, Nusa Tengara Timur, sebuah pulau di timur Indonesia dan tentunya segala unsur kebudayaan khas Indonesia jadi latar belakang keluargaku.

Setelah proses panjang aku jalani sebagai sungguh orang Indonesia, saya sudah dibiasakan dengan adat istiadat timur. Orang tua saya menamkan pada diri saya agar suatu saat nanti, saya mampu memberikan sesuatu bagi bangsa ini. Satu hal yang pasti adalah saya tak pernah menyesal jadi orang Indonesia. Ketika saya memperoleh pendidikan mengenai sejarah, kebudayaan dan kekayaan alam Indonesia, seakan memberi kesadaran pada saya bahwa ini sungguh negeri yang terbaik bagi saya (mudah-mudahan hal ini juga dialami oleh semua orang Indonesia)

Seiring berjalannya waktu saya cukup mengikuti perkembangan bangsaku ini, Mungkin banyak juga hambatan dan kendala yang dihadapi, tapi satu hal yang penting hal yang paling membuat saya bangga terhadap Indonesia adalah perjuangan yang dirintis para pemimpin bangsa. Mereka menyatukan segala suku menjadi satu kesatuan, bangsa Indonesia. Mungkin sulit menjadi seperti mereka namun setidaknya saya akan berusaha jadi orang yang baik. Jika saya punya kesempatan memberikan sesuatu bagi bangsaku ini, tentunya akan kuperjuangkan. Salam cinta tanah Air.

0 komentar:

Posting Komentar