Budayaku, Riwayatmu kini?


Ada anak muda yang suka kesenian daerah, keroncong, gambus, dsb? Ya mungkin ada, namun sedikit sekali. Memang anak-anak muda zaman ini lebih menyukai musik dan kesenian "impor" berkat pengaruh era globalisasi yang begitu besar ini. Hal ini tak dapat disalahkan namun seharunya kita dapat sejenak merenung dalam hati mengenai hal ini.

Aliran musik R'nB, Hip-hop, Rap, Pop Rock sedang digandrungi oleh anak-anak negeri kita, mungkin termasuk saya. Sekarang pertanyanya, apakah musik dan budaya tradisional kita lebih jelek dan tidak menarik dibanding musik-musik barat? Saya berani mengatakan tidak. Dalam hal ini saya mengiyakan ungkapan tak kenal maka tak sayang.

Satu hal positif adalah munculnya ekskul-eskul yang mampu melestarikan kesenian kita seperti Tari Saman, Tari Daerah lain dan sebagainya. Hal ini bisa menjadi ajang positif guna menumbuhkan kesadaran bahwa budaya Indonesia perlu dilestarikan, mulai di tingkat sekolah. Jadi, sudahkah aku dan kita berperan serta dalm melestarikan budaya kita?

2 komentar:

Masalahnya agak rumit dan perlu perenungan. Akhirnya aku juga lebih suka bikin lagu pop saja...kunjungi dehhhhh

 

Wah ternyata belum nich..

Saya itu ga bisa sama sekali untuk menari ataupun kesenian apa lah..

Saya itu ga ada bakat seni sama sekali..

Namun untuk hal lain insyaallah saya bisa kok melakukan sesuatu bagi Bangsa ini, nantinya ya saya akan menjadi seorang pekerja sosial..

Salam....

 

Posting Komentar